Kamis, 28 Juli 2011

JAGRAWEÇYA

 JAGRAWEÇYA
 


JAGRAWEÇYA, merupakan salah satu UKM/Hima di Fakultas Ekonomi Universitas Jendral Soedirman yang bergerak di bidang ke-Pecinta Alaman. Pada tanggal 28 Oktober 1980 terkumpulah beberapa rekan-rekan yang fakultas ekonomi dan membentuk suatu komunitas yang bernama Jagraweçya dengan mengadakan pendakian masal ke Gunung Slamet dalam acara peringatan Hari Sumpah Pemuda. Jagraweçya resmi disahkan sebagai unit kegiatan mahasiswa pada 25 februari 1984 yang ditandai dengan pelantikan anggota Jagraweçya angkatan 1. Organisasi ini merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan dirinya dalam berorganisasi dan ikut mewarnai dinamika kampus dengan aktivitas yang berbasis olah raga alam bebas dan ke-Pecinta Alaman.
Diusianya yang sudah lebih dari seperempat abad, Jagraweçya telah dikenal selama bertahun – tahun sebagai pencetak kader aktivis mahasiswa tangguh, ulet, disiplin, dan suka bekerja keras. Karena memang anggota - anggota Jagraweçya di didik dan ditempa melalui alam. Karena "Alam merupakan guru dan sahabat bagi manusia"


Pada awalnya, bidang kegiatan di Jagraweçya hanya terkonsentrasi pada bidang gunung hutan. dan panjat tebing. Seiring dengan perkembangan jaman dan minat para anggota, maka bidang kegiatan di Jagraweçya bertambah dengan masuknya divisi-divisi baru. Akhirnya sampai saat ini Jagraweçya memiliki 4 divisi kegiatan, yaitu :

  1. Divisi Gunung Hutan 
  2. Divisi Panjat Tebing 
  3. Divisi Telusur Gua 
  4. Divisi Arung Jeram






Sebagai Organisasi resmi di Fakultas Ekonomi maka Jagraweçya mempunyai Visi dan Misi yang ingin dicapai. Yaitu  :
VISI
Menjadi organisasi yang mencetak manusia unggul melalui kegiatan alam bebas” 

MISI 
  1. Menciptakan organisasi yang kondusif.
  2. Meningkatkan intensitas dan partisipasi anggota dalam berorganisasi dan berkegiatan olahraga alam bebas. 
  3. Mengembangkan kegiatan – kegiatan alam bebas.


Akan tetapi bukan hal yang mudah untuk melanjutkan regenerasi di organisasi ini, banyak tantangan yang harus di hadapi oleh para anggota aktif saat ini


Satu hal yang tetap saya ingat sampai detik ini

"JAGRAWEÇYA adalah bagian dari diriku, Diriku merupakan bagian dari JAGRAWEÇYA"

Selama Gunung Slamet masih berdiri tegak
Selama air Sungai Serayu mengalir ria
Selama itulah kisah - kisah kelana Jagraweçya
Mengalir tak ada hentinya

Posting Komentar